Wedang Jahe Gepuk

Jpeg

Ini adalah salah satu minuman favorit saya, wedang jahe gepuk. Bentuknya memang tidak begitu menyenangkan untuk dilihat karena begitu keruh dan uwuh gepukan jahe yang bertebaran dimana-mana.

Saya sudah menyukai minuman ini sejak SMA karena papa saya sering mbawain satu porsi wedang jahe yang dibeli dari angkringan chusus wewedangan depan kantornya selepas pulang kerja.

Cara meramu minuman ini pada dasarnya sangat sederhana cukup dengan satu rimpang jahe yang digepuk terserah mau pake batu, kayu, atau palu asgard hingga dirasa cukup untuk dapat menghasilkan ekstraksi yang maksimal ketika diseduh. Kemudian jahe yang sudah babak belur itu diwadahi dalam mug bersama gula jawa dan gula batu lalu diseduh dengan air mendidih. Setelah diseduh diaduk-aduk lalu didiamkan sejenak agar ekstraksi jahe maksimal maknyosss mak slenget dan anget.

Berhubung papa saya sudah ndak kerja lagi alias pensiun jadilah yang ngracik wedang itu dirumah papa saya dengan tata cara dan pakem angkringan wewedangan khas Wonogiri karena saya nggak cukup pede atau mungkin terlalu kekinian dan cuma bisa ngracik kopi instan sama krimer (anak macam apa ini kudunya mbikinin papanya wedang malah dibikinin 😀 ).

Leave a comment